Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
IMPLEMENTASI MODEL BERMAIN PERAN BAGI PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD N TOMBO 01 KABUPATEN BATANG
Amri Luthfi Hanifa

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini membahas masalah keefektifan model bermain peran yang diterapkan pada mata pelajaran IPS. Pembelajaran ini digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dalam ranah kognitif saja, karena model bermain peran dinilai dapat membantu siswa meningkatkan hasil belajar mereka. Siswa yang dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Tombo 01 Kabupaten Batang.Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan di SD Negeri Tombo 01, penggunaan model bermain peran efektif pada hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V. Hasil ketuntasan belajar siswa menunjukkan peningkatan atau mencapai KKM setelah diterapkannya model bermain peran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Kata kunci: model bermainperan, hasilbelajar, IPS

 

Abstract

This study discusses the effectiveness of role playing models applied to IPS subjects. This learning is used to measure students' learning outcomes in the cognitive domain only, as role-playing models are assessed to help students improve their learning outcomes. Students in this study are students of grade V SD N Tombo 01 KabupatenBatang. Based on the results of research that has been implemented in SD NegeriTombo 01, the use of model play an effective role in the learning outcomes subjects IPS students class V. Student mastery results show improvement or achieve KKM after the application of role models on the subjects Social Sciences (IPS) .

Keywords: role play, learning outcome, social science


Full Text: PDF