Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTU MEDIA GASER
Rahayu Astriani, Mudzanatun Mudzanatun, Wawan Priyanto

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Example non Example berbantu media gaser terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD N Ngesrep 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Ngesrep 01 tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. Hasil analisis terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa yang dihitung menggunakan Uji-t dengan jumlah= 30 siswa dengan ratarata pretest =39,8 dan posttest = 79,5 diketahui berdasarkan perhitungan diperoleh t-hitung sebesar 17,69 sedangkan t-tabel 1,71 dengan db N-1= 30-1=29, dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 1,71 karena t-hitung > ttabel yaitu 17,69 > 1,71 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran example non example berbantu media gaser berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD N Ngesrep 01.

Kata kunci : Example non Example, Menulis deskripsi, Gaser.

 

Abstract

This study aims to determine and analyze the influence of learning models. Examples of non-samples of gas-assisted media to writing skills of class IV description of SD N Ngesrep 01. This type of research is quantitative research in the form of Experimental Design with One-Gramup Pretest-Posttest Design design. The population of this study is the entire class IV SD N Ngesrep 01 academic year 2016/2017. Samples taken are all of class IV which amounted to 30 students with Nonprobability Sampling technique by using saturated sampling. The result of the analysis of student writing skill description calculated by using t-test with the number = 30 students with average pretest and posttest = 39.8 = 79.5 known calculations based on t arithmetic obtained by 17.69 while t- 1.71 Table with N-1 db = 30-1 = 29, with a significance level of 0.05 1.71 because t-female> t-table is 17.69> 1.71 then H0 is rejected and Ha accepted. So it can be said that the example of non-example model aids gaser media have an effect on writing skills description of class IV SD N Ngesrep 01.

Keyword s: Example non Example, Writing descriptions, Gaser.


Full Text: PDF