Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY BERBANTU MEDIA POP UP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Tria Nurullita Sari, Pratjojo Pratjojo, Arfilia Wijayanti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Terbatasnya model dan media pembelajaran yang digunakan mengakibatkan pembelajaran membosankan, jenuh, dan kurang menarik sehingga siswa sulit menerima penjelasan dari guru. Masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantu Media Pop Up Efektif terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Jambu 03 Jepara Tahun Ajaran 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe  course review horay berbantu media pop up terhadap hasil belajar IPA materi perubahan kenampakan bumi kelas IV SDN Jambu 03 Jepara. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Jambu 03 Jepara. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 25 siswa dengan menggunakan sampel jenuh. Desain penelitian eksperimen menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Data dianalisis menggunakan  uji t, berdasarkan hasil uji t, diketahui t hitung  = 10,022> t tabel = 2,064 maka Hi diterima. Hal ini berarti hasil belajar IPA Siswa kelas IV SDN Jambu 03 Jepara mencapai KKM 70 dan hasil perhitungan ketuntasan belajar siswa di kelas mencapai 80%. Kesimpulannya bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantu media pop up efektif terhadap hasil belajar IPA materi perubahan kenampakan bumi kelas IV SDN Jambu 03 Jepara.

Kata Kunci: model pembelajaran CRH, media POP UP, hasil belajar.

ABSTRACT

The limited model and instructional media used lead to boring, saturated, and less attractive learning so that students find it difficult to accept explanations from teachers. The problem revealed in this research is whether Cooperative Learning Model Course Horay Type Assisted Media Pop Up Effective on the learning outcomes of science class IV SDN Jambu 03 Jepara Academic Year 2016/2017 ?. This study aims to determine whether the effectiveness of the use of cooperative learning model type review course horay assisted pop up media to the results of science learning material changes in the appearance of the earth class IV SDN Jambu 03 Jepara. This research type is experiment. The population in this study is all students of grade IV SDN Jambu 03 Jepara. The sample in this research is class IV which amounts to 25 students by using saturated samples. The experimental research design using Pre Experimental Design used is One Group Pretest-Posttest Design. Data were analyzed using t test, based on t test results, it is known t arithmetic = 10.022> t table = 2.064 then Hi accepted. This means that the learning outcomes of science students grade IV SDN Jambu 03 Jepara reached KKM 70 and the results of students' learning completeness in the class reached 80%. The conclusion that the use of cooperative learning model type review horay course assisted the pop-up media effectively against the learning outcome of science IPA changes in the appearance of the earth class IV SDN Jambu 03 Jepara.

Keywords: CRH learning model, POP UP media, learning outcomes.


Full Text: PDF