Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FATAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI PENDRIKAN LOR 3 SEMARAN
Anita Puspaningrum

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak


Pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Pendrikan Lor 3 Semarang selama ini cenderung masih ramai, menggunakan metode konvensional, belum menggunakan media pembelajaran, nilai dibawah KKM, dan tidak berani bertanya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative LearningTipe Make A Match Berbantuan Media Fataya terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa V SD Negeri Pendrikan Lor 3 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Pendrikan Lor 3 Semarang. Teknik sampling yang digunakan yaitu Cluster Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan data yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Data hasil belajar pretest siswa dianalaisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan hasil belajar posttest siswa dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis statistik dengan uji-t diperoleh thitun g = 6,762 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,9921, sehingga ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ dan ๐ป0 ditolak atau ๐ป๐‘Ž diterima. Jadi, disimpulkan bahwa model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match berbantuan Media Fataya berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Pendrikan Lor 3 Semarang.

Kata Kunci: Cooperative Learning, Make A Match, Media Fataya, Hasil Belajar

ย 

Abstract

The learning of science grade V SD Negeri Pendrikan Lor 3 Semarang has been tend to be crowded, using conventional method, not using instructional media, value under KKM, and dare not ask. This study aims to determine the effect of learning model of Cooperative Learning Type Make A Match Assisted Media Fataya on the results of science subjects Science students V SD Negeri Pendrikan Lor 3 Semarang. This research uses experimental method with quantitative research type, with True Experimental Design design with Pretest-Posttest Control Group Design. The research population is all students of Grade V of SD Negeri Pendrikan Lor 3 Semarang. Sampling technique used is Cluster Sampling. Data analysis technique used is test data requirement that is normality test, homogeneity test and hypothesis test. The data of pretest learning result of students dianalaisis with normality test and homogeneity test while student's posttest result is analyzed by normality test, homogeneity test, and hypothesis test. The results of statistical analysis with t-test obtained ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 6.762 and ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ with 5% significance level of 1.9921, so ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ and H_0 rejected or ๐ป๐‘Ž accepted. Thus, it was concluded that the model of Cooperative Learning Learning type Make A Match with Media Fataya influence on the learning outcomes of science subjects of grade V students of SD Negeri Pendrikan Lor 3 Semarang.

Keywords: Cooperative Learning, Make A Match, Media Fataya, Learning Outcomes


Full Text: PDF