Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA KATEKALUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA
Lilis Dwi Nofita, Prasetiyo Prasetiyo, Henry Januar Saputra

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran make a match berbantu media katekalung terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas III SDN Pedurungan Kidul 02 Semarang.Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan selama 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas,uji homogenitas dan uji t pihak kanan. Uji t memperoleh hasil 4,809 lebih besar dari t tabel yaitu 2,021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match berbantu media katekalung berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas III SDN Pedurungan Kidul 02 Semarang.

Kata kunci: model pembelajaran Make A Match, media katekalung, sumber energi dan penggunaannya.

Abstract

This study aims to find out how much influence the model of learning make a match assisted katekalung media to the results of science subjects subjects science class III SDN Pedurungan Kidul 02 Semarang.Bentuk this research is quantitative research. This research was conducted for 2 meetings. Data collection techniques in this study using observation, tests, interviews and documentation. Data analysis techniques consist of normality test, homogeneity test and right side t test. Test t get result 4,809 bigger than t table that is 2,021. The results showed that the use of learning model make a match helped katekalung media effect on the results of science subjects subjects science class III SDN Pedurungan Kidul 02 Semarang.

Keywords: Make A Match learning model, katekalung media, energy source and its use.


Full Text: PDF