Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VI SD NEGERI TAWANG MAS 01 SEMARANG
Tri Agung Agusty, Suyitno Suyitno, Singgih Adhi Prasetyo

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VI SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang  belum maksimal. Rendahnya hasil belajar siswa karena selama proses pembelajaran guru belum menggunakan metode, model, media, strategi pembelajaran yang tepat dan guru belum memberdayakan seluruh potensi dirinya sehingga sebagian besar  siswa  belum  mampu  mencapai  kompetensi  individual  yang diperlukan  untuk mengikuti pelajaran lanjutan. Terkait belum optimalnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial maka diterapkan model Quantum Teaching sebagai solusi pembelajaran bermakna yang bermuara pada pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VI SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk Pre- Experimental  Design  dengan  teknik  One  Shot  Case  Design.  Sampel  penelitian  ini adalah 34 siswa. Data dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t, diketahui hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel yaitu 18.429 > 2,034 pada taraf α = 0,05. Kesimpulannya bahwa model Quantum Teaching efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa kelas VI SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang.

Kata kunci: model Quantum Teaching, hasil belajar IPS

 

ABSTRACT

The learning outcomes of Social Sciences of VI graders students SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang was low. The low learning outcomes was because of teachers have not used appropriate methods, models, media, strategies in teaching learning process and teachers have not empowered all of its potential, so that students have not been able to achieve the individual competencies needed to follow the next lesson. Related to non-optimal learning outcomes of Social Sciences then the researcher applied Quantum Teaching model as meaningful learning solutions that lead to active, creative, effective, and fun learning. This study aims to determine the effectiveness of Quantum Teaching model to the learning outcomes of Social Sciences in Elementary School sixth grade Tawang Mas 01 Semarang. This research is an experimental research in the form of Pre-Experimental Designwith with One Shot Case Design technique. Sample of this research is 34 students. Data were analyzed using t test. Based on the results of the t test, known the results of data analysis obtained t valuet> t table is 18 429> 2.034 at the level of α = 0.05. The conclusion is Quantum Teaching model is effective to the learning outcomes of Social Sciences Grade VI Elementary School Tawang Mas 01 Semarang.

Keywords: model of Quantum Teaching, learning outcomes IPS


Full Text: PDF