Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT BERKOMIK (POINKO) PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Anggit Widianingtyas

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terutama dalam tiga aspek penilaian dalam KTSP, Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan media pembelajaran sehingga minat belajar siswa rendah dalam pembelajaran, siswa merasa bosan dan malas untuk membaca buku teks pelajaran, hal ini menyebabkan hail belajar siswa rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah menghasilkan suatu media Powerpoint Berkomik (POINKO) yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi energi panas dan penggunaannya mata pelajaran IPA SDN 02 Jatirejo Kendal.Metode penelitian ini adalah (Research and Develophment) dengan metide deskriptif kuantitatif. Hasil analisis meningkatkan hasil belajar siswa yang dihitung menggunakan uji N-Gain dengan jumlah siswa 30 siswa terdapat  2 siswa dengan hasil belajar rendah, 15 siswa dengan hasil belajar sedang, dan 13 dengan hasil belajar tinggi. Hasil validasi ahli media pembelajaran persentase sebesar “86.25%” validasi ahli materi pembelajaran persentase sebesar “88.02%” dan angket respon siswa persentasenya sebesar “92.38%”. Penilaian aspek kognitif Pembelajaran sebelum menggunakan media pembelajaran persentasenya “48%”, penilaian aspek kognitif setelah menggunakan media POINKO persentasenya “82%. Penilaian aspek afektif  sebelum menggunakan media POINNKO persentasenya “57%”, penilaian aspek afektif setelah menggunakan media POINKO persentasenya“81%”. Penilaian aspek psikomotor  siswa sebelum menggunakan media POINKO persentasenya “58%”, penilaian aspek psikomotor setelah menggunakan media POINKO persentasenya sebesar “82%”. Hal ini telah menunjukkan media POINKO layak dan dapat meningkatkan hasil belajar Siswa

Kata Kunci: Pengembangan, Media PowerPoint Berkomik, IPA.

Abstract

The background of this study is the low learning outcomes of students, especially in three aspects of assessment in KTSP. This is because the teacher has not used the learning media so that student learning interest is low in learning, students feel bored and lazy to read textbook lessons, low student learning outcomes.The purpose of this research is to produce a PowerPoint Berkomik (POINKO) that is suitable to improve the learning result of fourth grade students on the material of heat energy and the use of science subject of SDN 02 Jatirejo Kendal.This research method is (Research and Development) with quantitative descriptive method. The results of the analysis improve the students' learning outcomes calculated using the N-Gain test with the number of students 30 students there are 2 students with low learning outcomes, 15 students with moderate learning outcomes, and 13 with high learning outcomes. The result of the validation of the percentage of learning media experts by "86.25%" validation of learning materials percentage material of "88.02%" and questionnaire responses of students the percentage of "92.38%". Assessment of cognitive aspects Learning before using the media learning percentage "48%", assessment of cognitive aspects after using the media POINKO percentage "82%. Assessment of affective aspects before using POINNKO media percentage "57%", affective aspect assessment after using POINKO media percentage Seminar Nasional PGSD 2017 tema "Menyiapkan Generasi Unggul Melalui Pembelajaran Bermakna"  101  "81%".Psychomotor aspect assessment before using POINKO media percentage "58%", psychomotor aspect assessment after using POINKO media percentage of "82%". This has demonstrated a worthy POINKO media and can improve Student learning outcomes.

Keywords: Development, PowerPoint Media Berkomik, science


Full Text: PDF