Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS III SDN 02 JATIREJO KENDAL
Eka Juwita Tiyaningsih, Pratjojo Pratjojo, Arfilia Wijayanti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurang berpartisipasinya siswa dalam proses pembelajaran dikelas terutama pada pembelajaran matematika. Hal tersebut disebabkan karena dalam proses pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran, maka siswa kurang tertarik untuk mengikuti pelajaran. Sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah dengan mengembangkan media Ular Tangga sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 02 Jatirejo Kendal. Jenis Penelitian ini menggunakan metodologi penelitianResearch dan Development (R&D) dan menerapkan prosedur model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN 02 Jatirejo Kendal sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian ini diperoleh dari angket ahli media, angket ahli materi, angket tanggapan guru dan angket tanggapan siswa. Hasil analisis data dari Validasi ahli media I sebesar 75,78%, Validasi ahli media II tahap I sebesar 89,47%,Validasi ahli media II tahap II  sebesar 94,73%, dan Validasi ahli media III 92,63%.Validasi ahli materi I sebesar 77,33%, Validasi ahli materi II tahap I sebesar 90,66%. Validasi ahli materi II tahap II sebesar 96%, dan Validasi ahli materi III sebesar 86,66%, ahli materi sebesar 83% sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa media Ular Tangga telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Media Ular Tangga dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi bangun datar untuk siswa kelas III SD.

Kata Kunci: Media Ular Tangga, Pengembangan

ABSTRACT

The background that encourages this research is the lack of student participation in the process of learning in the classroom especially in learning mathematics. This is because in the learning process does not use instructional media, then students are less interested to follow the lesson. So that student learning outcomes less than the maximum. The purpose of this research is to develop Snake Stage media as a medium of learning in mathematics subjects can improve student learning outcomes class III SDN 02 Jatirejo Kendal. This research uses research methodology of Research and Development (R & D) and apply procedure of ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The subject of this research is class III student at SDN 02 Jatirejo Kendal 25 students. The results of this study were obtained from media expert questionnaire, expert material questionnaire, teacher response questionnaire and student response questionnaire. The result of data analysis from media expert I validation is 75,78%, media expert validation II phase I equal to 89,47%, media expert II validation II II equal to 94,73%, and media expert validation III 92,63%. Expert validation Material I amounted to 77.33%, Material II material expert Validation I of 90.66%. Validation of material expert II II is 96%, and Material Experimental III validation is 86,66%, material expert is equal to 83%. This indicates that Snake Ladder media has met the valid and practical criteria. Snake Media The ladder can be used as a medium for learning mathematics of flat wake material for grade III elementary school students.

Keywords: Snake Media Ladder, Development


Full Text: PDF