Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PECAHAN MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK BERBANTU MEDIA KERTAS LIPAT SISWA SEKOLAH DASAR
Vina Soviatun, Zainal Arifin, Fine Reffiane

Last modified: 2018-03-14

Abstract


BSTRAK

Rendahnya hasil belajar siswa pada materi pecahan disebabkan kurangnya guru dalam menerapkan metode pembelajaran dan media pembelajaran membuat tujuan pembelajaran belum tercapai dengan baik.Pembelajaran menggunakan metode Pair Check berbantu media kertas lipat adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil keefektifan pembelajaran pecahan menggunakan metode Pair Check berbantu media kertas lipat pada pelajaran matematika siswa kelas III SDN 3 Sirongge Kabupaten Banjarnegara.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen bentuk Pre-Experimental Designs dengan desain One Group Pretest-Posttest Design.Sampel penelitian ini adalah 20 siswa.Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t, diketahui hasil thitung>ttabel yaitu 7,801>2,093 pada taraf signifikansi 5%.Pada tes hasil belajar terdapat perbedaan pada perolehan rata-rata nilai pretestposttest.pada nilai rata-rata posttest lebih besar dari rata-rata nilai posttest yaitu 75>53. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan pembelajaran pecahan menggunakan metode Pair Check berbantu media kertas lipat pada pelajaran matematika siswa kelas III SDN 3 Sirongge Kabupaten Banjarnegara.

Kata Kunci: metode pair check, media kertas lipat, pecahan.

 

ABSTRACT

The low learning result of students in the fractional materials due to the lack of applying learning methods and media to make the learning objectives have not been achieved well. the use of  pair check-assisted folding paper media as the learnng method is the right solution to improve student learning outcomes. This study aims to determine the effectiveness’s result of learning fractions using paper media pair check-assisted folding in the third graders math students at SDN 3 Sirongge Banjarnegara district. This research is an experimental research pre-experimental designs with one group pretest-posttest design. The sample of this Research is 20 students. The data collected is data of learning result which is analyzed by using t test. Based on the results of the t test, shows that t count>t table is 7.801>2.093 at a significance level of 5%. the result of the taest that have been produced, there is significant differences of average score between pretest-posttest. On average posttest value is greater than the average value of posttest of 75>53. Based on these results, it can conclude that there is the effectiveness of learning fractions using paper media pair check-assisted folding the third graders math students at SDN 3 SironggeBanjarnegara district. Keywords:  method pair check, fold the paper media, shards.


Full Text: PDF