Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN PEDURUNGAN TENGAH 02 SEMARANG
Puji Lestari, Fajar Cahyadi, M. Yusuf Setia Wardana

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Pembelajaran pada mata pelajaran matematika masih berpusat pada guru, pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, pembelajaran tidak menggunakan alat media yang konkret, siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika sehingga masih ada 27,91% di kelas IIIA dan 7,32% di kelas IIIB siswa belum mencapai KKM. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media Geoboard efektif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas III SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya media Geoboard pada hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas III SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang termasuk dalam metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Design. Jenis penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Berdasarkan  hasil  analisis  data  penelitian  menunjukan  sebagai  berikut. (1) Koefisien uji-t pihak kanan pada hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,268 > 1,664 maka hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang dengan menggunakan media Geoboard lebih tinggi dari pembelajaran yang menggunakan metode ceramah. (2) Data hasil belajar siswa dari 43 siswa, terdapat sebanyak 41 siswa yang mencapai KKM sebesar 75, maka ketuntasan belajar klasikal sebesar 93% > 75%, jadi kelas dapat dikatakan tuntas. Kesimpulan yang diperoleh adalah media Geoboard efektif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas III SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang.

Kata Kunci: media Geoboard, hasil belajar.

ABSTRACT

The learning in mathematics subjects is still centered on the teacher, the learning is still using the lecture method, the learning does not use concrete media tools, the students are less active in the mathematics learning so there is still 27,91% in class IIIA and 7,32% in class IIIB student yet Reach KKM. Problems in this research is whether the media Geoboard effective against the results of students' learning subjects mathematics class III SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang? The goal to be achieved in this research is to identify the effectiveness of Geoboard media on the learning outcomes of students of mathematics class III SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang. This type of research is an experiment that is included in the quantitative method. This research uses True Experimental Design design. The type of research used is Posttest-Only Control Design. Based on the results of data analysis showed the following. (1) The right-t test coefficient on the learning result shows tcount> ttable that is 2,268 > 1,664 then the result of mathematics learning in third grade students of SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang by using Geoboard media is higher than learning using lecture method. (2) Student learning result data from 43 students, there are 41 students who reach KKM equal to 75, hence classical learning completeness equal to 93% > 75%, so class can be finished thoroughly. The conclusion obtained is an effective Geoboard media.

Keywords: Geoboard media, learning outcomes.


Full Text: PDF