Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PERISTIWA ALAM MENGGUNAKAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTU MEDIA MIND MAPPINGPADA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR
Oktinisa Triyanti, Zainal Arifin, Fine Reffiane

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Rendahnya hasil belajar IPA materi peristiwa alam. Hal tersebut disebabkan karena guru lebih sering menggunakan metode ceramah sehingga siswa menjadi pasif dan merasa bosan serta kurangnya antusias dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran menggunakan metode Student Facilitator and Explaining berbantu media mind mapping adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil keefektifan pembelajaran peristiwa alam menggunakan metode Student Facilitator and Explaining berbantu media mind mapping pada pelajaran IPA kelas V SDN Tegalsari 13 Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen bentuk Pre-Experimental Designs dengan desain One Group PretestPosttest Design. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t, diketahui hasil thitung>ttabel yaitu 10,776>2,093 pada taraf signifikansi 5%. Pada tes hasil belajar terdapat perbedaan pada perolehan rata-rata nilai pretest-posttest. pada nilai rata-rata posttest lebih besar dari rata-rata nilai posttest yaitu 79>58. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan pembelajaran peristiwa alam menggunakan metode Student Facilitator and Explaining berbantu media mind mapping pada pelajaran IPA kelas V SDN Tegalsari 13 Tegal.

Kata Kunci: metode student facilitator and explaining, media mind mapping, peristiwa alam.

ABSTRACT

The low learning outcomes of natural science material. This is because teachers are more often using lecture methods so that students become passive and feel bored and lack of enthusiasm in following the learning. Student Facilitator and Explaining methods with mind mapping media is the right solution to improve student learning outcomes. This study aims to determine the effectiveness of the learning outcomes of natural events using the Student Facilitator and Explaining methods with mind mapping media on a science lesson in class V SDN Tegalsari 13 Tegal. This research is an experimental research Experimental Designs design with one group pretest-posttest design. The sample of this research is 20 students. The data collected is data of learning result which is analyzed by using t test.Based on the results of the t test, note the t count> t table is 10.776> 2.093 at a significance level of 5%. On the test results to learn there is a difference in the average acquisition value of pretest-posttest. on average posttest value is greater than the average value posttest with 79> 58. Based on these results, we can conclude that there is a effectiveness of natural events using the Student Facilitator and Explaining methods with mind mapping media on a science lesson in class V SDN Tegalsari 13 Tegal.  Keywords: student facilitator and explaining methods, media mind mapping, natural events.


Full Text: PDF