Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL TSTS BERBANTU MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA EKOSISTEM SEKOLAH DASAR
Solihatun Solihatun, Pratjojo Pratjojo, Mudzanatun Mudzanatun

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Rendahnya hasil belajar siswa pada tema benda-benda di lingkungan sekitar disebabkan siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru, siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai dengan baik.Pembelajaran menggunakan model TSTS berbantu media Papan Flanel adalah salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model TSTS berbantu media Papan Flanel terhadap hasil belajar siswa tema ekosistem kelas V SDN Banjarharjo 02 Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen bentuk PreExperimentalDesigns dengan desain One grup Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah 33 siswa.Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t, diketahui hasil thitung> ttabel yaitu 10,941 > 2,037 pada taraf signifikan 5%.Pada tes hasil belajar terdapat perbedaan pada perolehan rata-rata nilai pretest-posttest.pada nilai rata-rata posttest lebih besar dari rata-rata nilai posttest yaitu 80 > 51. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan model TSTS berbantu media Papan Flanel terhadap hasil belajar siswa tema ekosistem kelas V SDN Banjarharjo 02 Brebes.

Kata Kunci: model pembelajaran TSTS, media Papan Flanel, hasil belajar.

ABSTRACT

The low learning outcomes of students on the theme of objects in the environment because students do not understand the material presented by the teacher, students are less active in following the learning so the learning objectives have not been achieved well. Learning using TSTS model assisted flannel board media is one of the right solutions to improve students learning outcome. This study aims to determine the effect of TSTSmodel assisted flannel board media on student learning outcomes theme of the ecosystem class fifth SDN Banjarharjo 02 Brebes. This research type is experimental research of Pre-Experimental design with One group PretestPosttest Design. The sample of this research is 33 students.Based on the result of t test, it is known that tcount> ttable is 10,941 > 2,037 at 5% significant level.On average posttest value is greater than the average value of posttest of 80 > 51. Based on these results, it can conclude that there isthe influence in the use of TSTS model assisted flannel board media on student learning outcomes theme of the ecosystem class fifth SDN Banjarharjo 02 Brebes.

Keywords: TSTS learning model, flannel board media, learning outcomes


Full Text: PDF