Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN METODE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN BAWANG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Inna Chaula Rizgiani

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya memanfaatkan metode untuk pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar kurang efektif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk desain Pre Experimental Design yang digunakan adalah bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Bawang Kecamatan Blado Kabupaten Batang tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 36 siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menunjukkan bahwa Metode Quiz Team Efektif terhadap hasil belajar siswa sehingga nilai rata-rata siswa dapat meningkat. Hasil belajar PKn yang awalnya memiliki rata-rata 66,67 menjadi 83,19. Pada aspek afektif mengalami peningkatan rata-rata dari 9,11 kemudian 10,94 lalu menjadi 11,69. Maka ada perbedaan rata-rata Hasil Belajar PKn setelah menggunakan Metode Quiz Team.

Full Text: PDF