Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BATAN 2 BANYUDONO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Candra Okiyanto

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh motivasi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri Batan 2 Banyudono Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh motivasi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri Batan 2 Banyudono Boyolali. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh motivasi orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Batan 2 Banyudono Boyolali Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, hasil belajar siswa kelas IV yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan motivasi orang tua, hal ini dibuktikan dari perhitungan mean yang menunjukkan bahwa mean hasil belajar Matematika peserta didik kelas IV sebelum adanya motivasi orang tua sebesar 71,31 dan hasil belajar belajar Matematika peserta didik kelas IV sesudah adanya motivasi orang tua sebesar 81,48. Selain dari nilai mean yang diperoleh, juga dibuktikan dalam analisis dengan menggunakan rumus statistik t-test diperoleh nilai thitung sebesar 4,25 yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df. 15 (n-1/16-1=15) diperoleh angka penolakan sebesar 2,131 sehingga thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh motivasi orang tua terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Batan 2 Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali.

Full Text: PDF