Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENERAPAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR ( PWIM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD NEGERI PUJUT 01 KAB.BATANG
Dewi Mukti Kartikaningrum, Riris Setyo Sundari

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Picture Word Inductive Model dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Pujut 01 Kab.Batang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar berupa nilai ulangan siswa, data proses pembelajaran dan aktifitas siswa yang diperoleh dari pengamatan guru dan penulis. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa Picture Word Inductive Model mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 dan tema 1 subtema 2 pembelajaran 2 di SD Negeri Pujut 01 Kab.Batang tahun pelajaran 2017/2018. Hasil analisis data menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas. Hal ini terbukti bahwa hasil belajar siswa selalu mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada kondisi pra siklus awal rata-rata nilai hasil belajar siswa 56,10%, dan ketuntasan belajar siswa 50,00%. Pada siklus I, rata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 71,88% dan 70,83% siswa tuntas, kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II dengan didapatkan rata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 91,04 dan 100% siswa tuntas. Kesimpulan dari penelitian tersebut yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan Picture Word Inductive Model kelas 1 SDN Pujut 01 Kab.Batang.

Full Text: PDF