Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA JAM PINTAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KOPERASI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Zanuar Sidqi Asnarta

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dikelas IV di SDN Batursari 6, SDN Karangsono 1, dan SDN Karangsono 3 yang berada di Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak belum mencapai hasil yang diharapkan. Dibuktikan dengan hasil observasi guru masih menggunakan media pembelajaran yang konvensional. Akibatnya siswa merasa jenuh dan kurang berminat untuk memperhatikan penjelasan materi dari guru. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti merancang bagaimana pengembangan media Jam Pintar pada materi koperasi untuk siswa kelas IV sekolah dasar? Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan produk yang dikembangkan yaitu media Jam Pintar dan dapat diterapkan pada materi koperasi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Media tersebut diujicobakan di 3 Sekolah Dasar yaitu SDN Karangsono 1, SDN Karangsono 3, SDN Batursari 6 Mranggen Demak. Data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, kuisioner (angket). Hasil analisis kelayakan produk media dari ketiga ahli media rata-rata persentasenya yaitu (89%). Hasil analisis dari respon guru dan siswa, yaitu hasil respon guru kelas IV dari ketiga SD didapat hasil rata-rata persentasenya sebanyak (87%). Hasil respon siswa kelas IV dari ketiga SD didapat hasil rata-rata persentasenya yaitu (95%). Kesimpulannya bahwa media Jam Pintar layak digunakan dalam pembelajaran IPS materi koperasi pada siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya media pembelajaran Jam Pintar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dalam pembelajaran.

Full Text: PDF