Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE SUMBER ENERGI DALAM PEMBELAJARAN IPA SD
Vena Sashi Sivani

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Landasan dalam penelitian ini adalah penggunaan media gambar dalam buku oleh guru, kurangnya kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran sehingga kegiatan dalam proses pembelajaran belum menunjukan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan yang melibatkan siswa serta media dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa media puzzle sumber energi dalam pembelajaran IPA kelas II SDN Gunungsari 01 Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Reseach and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas II. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli media dan ahli materi dan data hasil uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal evaluasi. Data yang diperoleh berupa skala likert dan skala Guttman berupa data kualitatif diubah menjadi data kuantitatif. Pengolahan data dilakukan dari validasi ahli media, ahli materi, angket siswa, dan nilai soal evaluasi. Hasil validasi ahli media sebesar 92%, validasi ahli materi 1 dan 2 dengan rata-rata sebesar 96%, angket siswa sebesar 88%, dan rata-rata nilai evaluasi 88. Hal ini dapat menunjukan bahwa media puzzle sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Full Text: PDF