Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK PEMBELAJARAN BERMAKNA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Rizky Yogie Aristianto

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model Think Pair Share berbantu media gambar sebagai inovasi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Peterongan Semarang tahun ajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 pertemuan, dimana setiap pertemuan selama 70 menit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama yaitu uji normalitas awal, tahap kedua yaitu uji normalitas akhir, dan tahap ketiga yaitu uji hipotesis (uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think pair Share berbantu media gambar efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita rakyat kelas V SD Peterongan Semarang tahun ajaran 2017/2018.

Full Text: PDF