Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MEDIA MOBIL PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA V SDN 10 KEBONDALEM PEMALANG
Isna Nurafifah

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh media mobil pintar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 10 Kebondalem Kabupaten Pemalang?”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh media mobil pintar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 10 Kebondalem Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 10 Kebondalem Kabupaten Pemalang, penelitian menggunakan teknik sampling non probability sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Hasil analisis datanilai keseluruhan pretest dan posttest kemudian di uji-t untuk mengetahui apakah media mobil pintar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari pengujian nilai pretest dan posttest didapatkan kedua rata-rata tes awal data pretest dan tes akhir data posttest beda sebesar 42,5 dan setelah dianalisis menggunakan rumus thitung > ttabel yaitu 26,554 > 2,074 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media mobil pintar dapat berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas V di SDN 10 Kebondalem Kabupaten Pemalang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media mobil pintar dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran di sekolah untuk mendorong munculnya inovasi dan kreativitas guru dalam menciptakan dan mengembangkan inovasi pembelajaran.

Full Text: PDF