Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI MENGGUNAKAN MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS IV SDN SAWAH BESAR 02 KOTA SEMARANG
Aisy Arifah Rinjani, Henry Januar Saputra

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejenuhan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan belajar siswa karena dalam pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan dan tidak bersemangat selama mengikuti pembelajaran akan berdampak pada rendahnya hasil belajar terutama pada mata pelajaran IPA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi menggunakan model inside outside circle dengan kompetensi dasar “Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi dan Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari” pada siswa kelas IV SDN Sawah Besar 02 Kota Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi menggunakan model inside outside circle dengan kompetensi dasar mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi dan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari yang dapat membuat pembelajaran lebih mudah dan lebih cepat pada siswa kelas IV SDN Sawah Besar 02 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Sawah Besar 02 Kota Semarang. Sampel yang diambil adalah kelas IV dengan menggunakan teknik non probability sampling teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui uji pretest dan posttest dengan soal pilihan ganda. Sampel yang diambil adalah 41 siswa yaitu kelas kontrol (IVa) berjumlah 21 siswa dan kelas ekperimen (IVb) berjumlah 20 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Perolehan ketuntasan hasil belajar siswa dalam kelas ekperimen yaitu dari 20 siswa yang mencapai tuntas belajar yaitu 19 siswa dengan nilai rata-rata 82,8. Sementara kelas kontrol dari jumlah 21 siswa yang mencapai yang mencapai tuntas belajar adalah sebanyak 13 siswa dengan rata-rata 73. Sedangkan hasil analisis uji t dengan thitung 3,792 dan ttabel 1,72 maka thitung > ttabel sehingga h0 ditolak dan ha diterima, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model inside outside circle dengan hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional. Kesimpulannya model inside outside circle efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IVB SDN Sawah Besar 02 Kota Semarang.

Full Text: PDF