Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN KARANGAJI 01 JEPARA
Nur Adi Wibowo

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Tujuan penerapan model Learning Together berbantu media Wheel of Fortune adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa yang akan berbanding lurus dengan hasil belajar yang didapat siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre-eksperimental design dengan jenis One-Grup Posttest-Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V A dan V B SDN Karangaji 01 kabupaten Jepara, sampelnya seluruh siswa kelas V B dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Data penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan menerapkan model Learning Together berbantu media Wheel of Fortune meningkat dengan persentase 90% siswa telah mencapai KKM dengan rata-rata nilai 74,75. Besar pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar adalah sebesar 79,6%, sedangkan 20,4% hasil belajar siswa lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Full Text: PDF