Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENERAPAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA KELAS 2 SDN NGIYONO BLORA
Rikko Setianing Pambudi, Mei Fita Asri Untari

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Induktif Kata Bergambar efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman kelas 2 SD N Ngiyono Blora. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2a SD N Ngiyono Blora dan siswa kelas 2b SD N Ngiyono Blora. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 2a yang berjumlah 18 siswa di SD N Ngiyono Blora dan kelas 2b yang berjumlah 20 siswa di SD N Ngiyono Blora dengan menggunakan sampel jenuh.Desain penelitian eksperimen menggunakan True Experemental Design yang digunakan adalah post-test only control group design. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan signifikan antara model pembelajaran Induktif Kata Bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 di SD N Ngiyono Blora. Hal tersebut ditunjukkan dari uji-t yaitu thitung > t table yaitu 2,154 > 2,028. Maka model pembelajaran Induktif Kata Bergambar efektif terhadap hasil belajar siswa kelas 2 di SD N Ngiyono Blora.

Full Text: PDF