Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS II SD SUPRIYADI SEMARANG
Retno Dumilah

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar IPS kelas II SD Supriyadi Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk True-Experimental Design dengan teknik Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Supriyadi Semarang khususnya kelas IIC yang digunakan sebagai kelas kontrol dan kelas IID yang digunakan sebagai kelas eksperimen, sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data dari posttest analisis tahap akhir dengan uji t diperoleh = 3,074. Dari daftar distribusi t dengan db = 60-2 = 58 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh = 2,001. Karena kriteria pengujian maka diterima. Maka dapat di ambil kesimpulan bahwa model pembelajaran group investigation berpengaruh terhadap hasil belajar IPS kelas II SD Supriyadi Semarang.

Full Text: PDF