Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDSBERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN SDN CANDI 01 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Ranu Wicaksono, Filia Prima

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Judul penelitian ini adalah “Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Arends Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III pada mata pelajaran IPS SD Negeri Candi 01 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar antara siswa yang mendapat model Time Token Arends berbantu media Puzzle dengan siswa yang mendapat pembelajaran model STAD pada mata pelajaran IPS kelas III SDN Candi 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Metode Quasi Experimentation. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Candi 01 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah siswa kelas IIIA dan kelas IIIB dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk simple random sampling. Untuk perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,3252. Dan ttabel 1,67 Karena thitung> ttabel maka H0 ditolak artinya Ada pengaruh hasil belajar siswa kelas III yang menggunakan model Time Token Arends berbantu media Puzzle dengan hasil belajar yang tidak menggunakan model Time Token Arends berbantu media Puzzle. Hal ini terjadi Karena diterapkannya pembelajaran menggunakan model Time Token Arends berbantu media Puzzle pada kelas eksperimen. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Time Token Arends berbantu media Puzzle efektif mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III SDN Candi 01 Semarang.

Full Text: PDF