Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SDN KEDUNGMUNDU SEMARANG
Nur Alifah Agustin

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas III SDN Kedungmundu Semarang belum maksimal. Rendahnya hasil belajar siswa karena selama proses pembelajaran guru belum menggunakan metode, model pembelajaran yang tepat. Terkait belum optimalnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial maka diterapkan model Course Review Horay sebagai solusi pembelajaran bermakna yang bermuara pada pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan.Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III SDN Kedungmundu Semarang.Jenis penulisan ini adalah penulisan eksperimen dalam bentuk True-Experimental Design dengan teknik Posttest Only Control Design. Data dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t, diketahui hasil analisis data diperoleh thitung (5,039) < ttabel (2,001) pada taraf α= 0,05 dan n= 60. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Course Review Horay berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III SDN Kedungmundu Semarang.

Full Text: PDF