Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
IMPLEMENTASI MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI PLEBURAN 04 SEMARANG
Yeshia Devin Pramudhita

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model mind mapping terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siswa kelas V mata pelajaran IPS SD Negeri Pleburan 04 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bentuk pre-experimental design. Populasi penelitin ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Pleburan 04 Semarang. Hasil analisis statistik berdasarkan uji-t menggunakan program SPSS, hasil output Independent Samples Tes menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Karena sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar dari sebelum diberi perlakuan (pretest) dengan setelah diberi perlakuan (posttest). Kemudian dari output SPSS juga dapat diketahui bahwa R Square sebesar 0,823. Nilai ini mengandung arti bahwa besar pengaruh berpikir kritis siswa (X) terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 82,3% sedangkan 17,7% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Jadi dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis memiliki besar pengaruh 82,3%. Terhadap hasil belajar.

Full Text: PDF