Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE BERBANTU MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KEMBANG ARUM 02 DEMAK
Evi Silviana

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alama (IPA). Hal ini disebabkan karen kurangnya pembelajaran yang mengaktifkan siswa secara positif. Penelitian ini membatasi masalah keefektifan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here berbantu media kartu pintar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kembang Arum 02 Demak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Everyone Is Teacher Here yang berbantu media kartu pintar efektif terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Kembang Arum 02 Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kembang Arum 02 Demak yang berjumlah 31 tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah siswa kelas V SDN Kembang Arum 02 Demak yang berjumlah 31 tahun ajaran 2016/2017. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil prettest menunjukkan bahwa rata-rata kelas masih rendah yakni 63,23 dan ketuntasan belajar klasikal hanya 48,39% , jadi masih banyak yang belum mencapai KKM dan kelas juga belum tuntas secara klasikal. Sedangkan saat posttest nilai rata-rata naik menjadi 77,9 dan ketuntasan belajar klasikal 96,77%, jadi kelas sudah tuntas secara klasikal serta berdasarkan analisis uji t didapat t’hitung (5,857) > ttabel (1,70), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Jadi, model pembelajaran Everyone Is Teacher Here berbantu kartu pintar efektif pada pelajaran IPA kelas V SDN Kembang Arum 02 Demak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang disampaikan oleh peneliti khususnya bagi guru adalah agar model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dapat digunakan sebagai cara guru untuk membuat keaktifan siswa meningkat dan membuat pembelajaran menjadi semakin menyenangkan siswa serta meminimalisir rasa bosan masing-masing siswa karena biasanya hanya menerima pembelajaran konvensional. Disarankan pula perlu diadakannya penelitian lebih lanjut untuk menggunakan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here untuk meningkatkan hasil belajar pada materi dan pelajaran lain serta pada penelitian selanjutnya yang menggunakan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here berbantu media Kartu Pintar diharapkan populasinya adalah siswa kelas rendah karena pada penelitian ini populasinya hanya siswa kelas tinggi. Salah satu keterbatasan dalam penelitian ini adalah pada pertemuan awal siswa masih bingung dalam menerima pembelajaran menggunakan model pembelajaran Everyone Is Teachere Here berbantu media kartu pintar, hal ini terjadi karena siswa belum terbiasa menerima pembelajaran selain pembelajaran konvensional.

Full Text: PDF