Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY MATERI BENDA DAN SIFATNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI JATIMULYO PATI
Darmawan Purwadi Yuwana, Ernawati Saptaningrum

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran matematika dan keaktifan siswa yang kurang maksimal. Dengan kondisi tersebut, perlu diupayakan solusi mengatasinya. Metode yang diterapkan adalah metode pembelajaran . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jatimulyo. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah control group pretest posttest desain. Hasil penelitian diperoleh dari nilai rata-rata hasil pretest siswa yang menggunakan sebelum metode outdoor study sebesar 44,58, dan rata-rata nilai hasil posttest dengan menggunakan metode outdoor study sebesar 74,79. Dari tabel uji t diperoleh untuk , maka diperoleh . Karena yaitu maka ditolak. Jadi, dapat disimpulkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran outdoor study lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang hanya menggunakan metode ceramah SD Negeri Jatimulyo.

Full Text: PDF