Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGGUNAAN MIND MAPPING SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN BEMAKNA ILMU PENGETAHUAN ALAM
Annisa Fadiah Khairina

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Langon 2 Jepara pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sehingga proses belajar perlu untuk ditingkatkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Mind mapping efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD Negeri Langon 2 Jepara?. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain quasi experimental design bentuk nonequivalent control group. Sampel yang digunakan adalah kelas IV A sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah sedangkan kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan metode Mind Mapping. Penelitian hasil analisis data penelitian setelah menggunakan metode Mind Mapping diperoleh nilai hasil belajar pretest dan posttest terdapat berbedaan, pada pretest kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 45 dan pada posttest memperoleh nilai rata-rata 65,68, sedangkan, pretest kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 57,39 dan pada posttest memperoleh nilai rata-rata 80,43. Berdasarkan uji banding pretest dan posttest kelas eksperimen diperoleh thitung = 4,93351 > ttabel = 1,68023, sedangkan pretest dan posttest kelas kontrol diperoleh thitung = 11,06252> ttabel = 1,68195 sehingga Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran Mind Mapping efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD Negeri Langon 2 Jepara.

Full Text: PDF