Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL RME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBANTU ALAT PERAGA KELAS IV SD NEGERI SAMBIYAN KABUPATEN REMBANG
Sulistiya Nurul Hidayah, Rofian Rofian, Aries Tika Damayani

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model RME terhadap hasil belajar matematika berbantu alat peraga kelas IV SD N Sambiyan Kabupaten Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan one group pretest posttest design. Popolasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD N Sambiyan Kabupaten Rembang. Sampel dalam penelitian berjumlah 29 siswa yang diambil degan teknik nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data dari pretest dan posttest analisis tahap akhir dengan uji t diperoleh thitung >ttabel yaitu 8,773>1,673, maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya ada perbedaan hasil belajar pretest dan posttest, kemudian dengan membandingkan rata-rata hasil belajar pretest 45,68 < 76,20 posttest dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) efektif terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Sambiyan Kabupaten Rembang tahun ajaran 2017/2018.

Full Text: PDF