Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTU MEDIA WAINPOK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS V SDN GROWONG KIDUL 02 JUWANA TAHUN AJARAN 2017/2018
Novi Wijaya

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA disebabkan kurangnya pemanfaatan model pembelajaran dan media pembelajaran untuk mempermudah pemahaman siswa pada materi yang diajarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan model example non example yang berbantu media wayang sains play book efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran?. tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya keefektifan saat menggunakan Model Example Non Example berbantu media WAINPOK(Wayang Sains Play Book) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas V SD Negeri Growong Kidul 02 Juwana. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Growong Kidul 02 Juwana dengan jumlah 60 siswa. Sampel yang diambil adalah 60 siswa kelas V dengan menggunakan teknik Probability Sampling berbentuk Sampel Jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dan non tes. Berdasarkan hasil analisis hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan Hal tersebut dapat dilihat dengan perhitungan Uji- t hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung = 5,989 dan ttabel dengan signifikan 5% = 2,001, sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Example Non Example berbantu media WAINPOK efektif terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas v SDN Growong Kidul 02 Juwana. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disimpulkan adalah supaya model pembelajaran Example Non Example berbantu media WAINPOK dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam pembelajaran IPA. Sehingga dapat dijadikan variasi dalam pembelajaran di kelas.

Full Text: PDF