Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS (GQGA) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PKn SISWA KELAS III SDN KALISEGORO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Wulan Dyat Riyanti

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn, dengan permasalahan adakah pengaruh model pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question and Getting Answers terhadap motivasi belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas III SDN Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang? Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi dan sampel seluruh siswa yang berjumlah 32 orang siswa. Metode pengumpulan data, metode angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian analisis koefisien regresi aktivitas belajar terhadap motivasi belajar bernilai positif 755,296, sehingga aktivitas pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar. Hasil uji t regresi,t hitung variabel aktivitas pembelajaran sebesar t hitung (3,008) > t 11 (2,400) pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa aktivitas siswa mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap motivasi belajar. Hasil analisis uji F, Fhitung > Ftabel, yaitu 9,05 < 4,171 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,592 , maka secara bersama-sama aktivitas pembelajaran active learning GQGA tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. Dengan total koefisien determinasi (r2) sumbangan variabel aktivitas pembelajaran active learning GQGA sebesar 23,71%, sisanya 76,83% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulannya bahwa aktivitas pembelajaran active learning tipe GQGA berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar PKn siswa kelas III SD Negeri Kalisegoro, Gunungpati, Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah model pembelajaran active learning tipe GQGA dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam pembelajaran.

Full Text: PDF