Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PELESTARIAN LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III
Rina Nur Farida, Harto Nuroso

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan siswa. Hal tersebut disebabkan belum adanya alat pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk membantu menyampaikan materi pembelajaran. Sehingga hasil hasil belajar dan motivasi siswa untuk belajar rendah. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran Ular Tangga Pelestarian Lingkungan Sekitar pada materi pelestarian lingkungan alam sekitar kelas III SDN Tlogorejo 03 Demakdilihat dari hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development). Pengembangan media ular tangga pelestarian lingkungan sekitar melalui tujuh tahapan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Media ini dikembangkan sesuai dengan validasi ahli media dan validasi ahli materi memperoleh presentase 94%. Hasil evaluasi siswa mencapai rata-rata di atas KKM yaitu 90 dari tes lulusan 100% dan angket respon siswa terhadap media ular tangga mencapai presentase 95%. Kesimpulannya bahawa media Ular tangga Pelestarian Lingkungan Sekitar sangat layak digunakan dan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text: PDF