Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPER MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SD
Wahyu Cahya Abdillah, Sukamto Sukamto

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pembelajaran matematika yangmasih berpusat pada guru dan kurangnya inovasi dalam kegiatan pembelajaran sehinggamenyebabkan siswa mudah bosan dan kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatanpembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristikpengembangan media pembelajaran Koper Matematika yang memenuhi kriteria valid, praktisdan efektif pada pembelajaran matematika materi perkalian untuk siswa SD? Tujuan yanghendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik danmengembangkan media pembelajaran Koper Matematika yang memenuhi kriteria valid,praktis dan efektif pada pembelajaran matematika materi operasi hitung perkalian denganhasil dua angka untuk siswa SD kelas II. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembanganatau Research and Development (R & D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II di SDSupriyadi sebanyak 32 siswa. Hasil analisis dan uji coba pada media pembelajaran KoperMatematika memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hal ini menunjukkan bahwa mediaKoper Matematika mampu memudahkan siswa dalam memahami materi operasi hitungperkalian dengan hasil dua angka dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text: PDF