Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 1 SUMBEREJO DEMAK
Agus Triyono

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah model pembelajaran yang sering digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah tersebut yaitu model konvensional yang kurang memperhatikan keterkaitan model dengan materi pembelajaran IPA. Siswa hanya mendengarkan dan menulis apa yang dikatakan oleh guru sehingga terlihat rata-rata nilai siswa 62 yang secara klasikal belum mencapai Kurangnya pengetahuan guru tentang model pembelajaran menjadi salah satu pemicu rendahnya minat belajar siswa, dan kebanyakan bahan ajar hanya berupa buku paket. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah model picture and picture dengan media puzzle efektif terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 1 Sumberejo Demak? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model pembelajaran picture and picture dengan media puzzle terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 1 Sumberejo Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode kuantitatif eksperimen. Rancangan penelitian yang akan digunakan pada jenis penelitian ini adalah True Experimental Design, yaitu peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya ekperimen. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumberejo Demak. Data penelitian ini diperoleh dari data tes, pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh nilai terendah 68, skor tertinggi 98, dan rata-rata nilai kelas eksperimen 79. Dari hasil penghitungan uji t menunjukkan bahwa harga thitung adalah sebesar 10,75 yang ternyata lebih besar dari harga ttabel taraf signifikan 5%= 1,69 dengan demikian Hα diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture berbantu media puzzle efektif digunakan dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumberejo Demak. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan guru hendaknya dapat selalu kreatif dan inovatif dalam melakukan dan menggunakan model pembelajaran dan siswa belajar lebih giat lagi dalam memahami materi IPA. Untuk meningkat hasil belajar, siswa diharapkan lebih sering membaca buku ataupun bacaan-bacaan yang dapat memperkaya pengetahuan.

Full Text: PDF