Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV SDN UNGARAN 01
Farid Miftah Achmad

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi pemahaman konsep pembelajaran siswa yang belum maksimal, adanya beberapa siswa dalam pembelajaran Subtema jenis-jenis pekerjaan yang belum memenuhi hasil nilai sesuai KKM. Metode penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa subtema jenis-jenis pekerjaan kelas IV SDN Ungaran 01.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ungaran 01 pada tahun pelajaran 2016/ 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Ungaran 01, dengan sampel yaitu siswa kelas IV SDN Ungaran 01.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Penelitian ini bersifat Pre Experimental Design dimana bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik test, non test dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa thitung untuk hasil belajar kognitif sebesar 4,75 sedangkan ttabel sebesar 2,060. Karena thitung kognitif (4,75) > ttabel (2,060) maka halinimenunjukkanbahwauji t hasilbelajar kognitif signifikan. Dengan nilai rata-rata kognitif siswa yangmeningkatdari57,72 menjadi 76,4 dengan selisihkenaikansebesar 18,68. Sedangkanuntuk nilai rata-rata psikomotorik siswa yangmeningkatdari 70,64 menjadi 80,92 dengan selisih kenaikansebesar 10,29 dan nilai rata-rata afektif siswa yangmeningkatdari 67,4 menjadi 81,04 dengan selisihkenaikansebesar 13,64 daripembelajaranpertamahingga pembelajaran terakhir.Makadapatdisimpulkanbahwaadanya pengaruh model pembelajaranProblem Based Instruction terhadap hasil belajarsiswa subtema jenis-jenis pekerjaan kelas IV SDN Ungaran 01.Saran yang dapatpenelitisampaikanhendaknya penggunaan model Problem Based Instructiondapatditerapkanoleh guru di sekolahsebagai proses pembelajaran.

Full Text: PDF