Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA CERGAM PADA TEMA DIRI SENDIRI BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI 01 SIREMENG PEMALANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Muhamad Yudi Mustofa

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penggunaan media pembelajaran yang kurang sesuai menjadi salah satu penyebab siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran. Untuk dapat merangsang semangat belajar siswa, diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku Cergam sebagai media pembelajaran pada tema Diri Sendiri bagi siswa kelas II SD Negeri 01 Siremeng Pemalang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R & D) yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli media dan data ahli materi Bahasa Indonesia dan ahli materi Ilmu Pengetahuan Alam dan hasil uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Data yang di peroleh dari angket dianalisis secara deskriptif. Hasil pengembangan berupa media buku Cergam. Hasil penelitian diperoleh dari ahli media, ahli media, serta angket penilaian siswa dan guru. Hasil dari validasi oleh ahli media sebanyak 93,33%, validasi oleh ahli materi 1 sebanyak 81,66%, validasi ahli materi 2 sebesar sebanyak 90%, penilaian guru sebanyak 91, 66%, dan penilaian siswa sebanyak 88%, hal ini menunjukkan bahwa media Cergam telah berhasil dalam pengembangan.

Full Text: PDF