Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
IMPLEMENTASI AJARAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PENANAMAN KEDISIPLINAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2016 / 2017
Endang Hangestiningsih, Endah Sari Lelana

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan ajaran Ki Hadjar Dewantara dalam Perkuliahan Perkembangan Peserta Didik terhadap kedisiplinan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Ajaran Ki Hadjar Dewantara yang diterapkan adalah Tring Ngo (ngerti, ngroso, nglakoni), trilogi kepemimpinan (ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani), hidup merdeka salam serta bahagia diri tak boleh menyalahi damainya masyarakat. Penerapan ajaran ini belum disertai adanya penelitian yang mendeskripsikan dan mengkaji sehingga tingkat keberhasilannya belum diketahui. Hal ini mendorong dilaksanaannya penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif agar dapat memberikan gambaran situasi sosial secara mendalam. Hasil penelitian mendeksripsikan bahwa ajaran Ki Hadjar Dewantara membawa dampak positif terhadap peningkatan kedisiplinan mahasiswa.

Full Text: PDF