Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PKn SISWA KELAS V
Febri Tri Wahyuni, Ferina Agustini, Husni Wakhyudin

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah keaktifan siswa masih kurang dalam belajar, siswa tidak berani bertanya tentang kesulitan yang mereka alami saat kegiatan belajar dan hasil belajar masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Word Square terhadap kemampuan pemahaman konsep PKn siswa kelas V SD Siwalan. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas V. Data yang dikumpulkan tes, dokumentasi dan wawancara. Dari nilai pretest nilai rata-rata adalah 69,714 sedangkan nilai posttest nilai rata-rata 78,857, serta berdasarkan analisis uji t didapat thitung (3,88) > ttabel (1,70) jadi Ha diterima yang artinya model pembelajaran Word Square efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V. Dan berdasarkan uji banding kemampuan pemahaman konsep diperoleh hasil thitung (3,571) > ttabel (1,703) jadi Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya kemampuan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model Word Square lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum menggunakan model Word Square. Dan berdasarkan uji korelasi ganda didapatkan hasil bahwa Fhitung (3,457) > Ftabel (3,390) yang berarti ada hubungan nilai karakter ketelitian dan kerjasama terhadap kemampuan pemahaman konsep.

Full Text: PDF