Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN REJOSARI 03 SEMARANG
Alfiyatul Musyarofah, Ari Widyaningrum

Last modified: 2018-03-29

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan model Cooperative integrated Reading and Composition pada siswa kelas V di SDN Rejosari 03 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan posttest only control design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V, dengan jumlah siswa kelas V A sebanyak 20 siswa dan siswa kelas V B berjumlah 24 siswa.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa dengan teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling.Berdasarkan hasil penelitian pada analisis data akhir pada data awal nilai uts dan hasil posttest dengan uji t diperoleh thitung = 3,54. Dari daftar distribusi t dengan dk= n1+n2-2= 20+24-2=42 dan taraf nyata 5% diperoleh ttabel = 2,018. Kriteria pengujian adalah thitung > ttabel maka Ha diterima dengan 3,54> 2,018. Berdasarkan KKM yang ditentukan oleh pihak sekolah yaitu 65, rata-rata hasil belajar pada kelas yang diberikan perlakuan dengan model CIRC melebihi KKM, yaitu dengan rata-rata sebesar 80,50. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan pada penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Rejosari 03 Semarang

Full Text: PDF