Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN REJOSARI 03 SEMARANG
Mia Puspita Ayuningtyas, Joko Sulianto, Ahmad Nashir Tsalatsa

Last modified: 2018-03-29

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Rejosari 03 Semarang. Permasalahan yang diteliti adalah masih rendahnya hasil belajar IPS di kelas V SDN Rejosari 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa  kelas V SDN Rejosari 03 Semarang. Sampel yang diambil adalah 24 siswa di kelas VA (kelas eksperimen) dan 22 siswa dari kelas VB (kelas Kontrol). Dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling.Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design.Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian posttest, dokumentasi, dan angket

Full Text: PDF