Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN 0I MLILIR
Anggita Ryantika, Ary Susatyo Nugroho, Mudzanatun Mudzanatun

Last modified: 2018-03-29

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa pada materi bagian tubuh dan kegunaannya kelas I SDN 0I Mlilir Kecamatan Gubug. Jenis penelitian ini menggunakan true eksperimental design dengan bentuk prettest dan posttest design, subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 0I Mlilir Kecamatan Gubug. Pada sampel penelitian adalah 20 Siswa kelas I. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai kelas pretest 56, 35 sedangkan kelas posttest dengan rata-rata 77, 25. Data pretest dan posttest ditunjukan dengan thitung > ttabel yaitu 5, 281 > 1,729. Berdasarkan KKM yang ditentukan sekolah yaitu 65. Rata-rata yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran example non example yaitu 77.25 telah mencapai KKM. Dapat disimpulkan  terdapat perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas I SD Negeri 01 Mlilir.

Full Text: PDF