Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE
Della Rihani

Last modified: 2018-03-29

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan berdasarkan pengalaman melalui model pembelajaran kooperatif Think Talk Write dan dengan bantuan media gambar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 03 BulungKulon. Peneliti memperoleh data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes keterampilan menulis karangan berdasarkan pengalaman. Berdasarkan data yang diperoleh pada kondisi prasiklus awal nilai ketuntasan klasikal menulis karangan berdasarkan pengalaman 35%. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 61,00 dengan ketuntasan klasikal 40%. Setelah tindakan siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 76,40 dengan ketuntasan klasikal 85%. Penilaian aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 78,13% mengalami peningkatan pada siklus II yakni 86,72%. Kemudian penilaian aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 65,63% dan meningkat pada siklus II yakni 84,38%. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write berbantukan median gambar cerita dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan berdasarkan pengalaman.

Full Text: PDF