Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ALAT PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA
Ami Rizki Ramadhan, Rustopo Rustopo

Last modified: 2018-03-20

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Picture And Picture terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA materi alat pencernaan makanan pada manusia kelas V SDN 01 Gendowang Pemalang tahun ajaran 20017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 01 Gendowang Pemalang. Sampel yang diambil adalah kelas V dengan menggunakan teknik non probability sampling teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui uji pretest dan posttest dengan soal pilihan ganda. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttes. Dalam teknik pengumpulan data penelitian menggunakan dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji normalitas awal, uji normalitas akhir dan uji hipotesis (uji T). Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuantitatif. Dengan Pre Experimental Design dengan jenis One Group Pretest- Posttest Design. Hasail penelitian ini menunjukan bahwa model Picture And Picture efektif meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA materi alat pencernaan makanan pada manusia kelas V SDN 01 Gendowang Pemalang tahun ajaran 20017/2018

Full Text: PDF