Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA TOPWAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN KELAS IV SDN TLOGOSARI WETAN 01 SEMARANG
Tri Indri Susanti, Sunan Baedowi, Suyitno Suyitno

Last modified: 2018-03-20

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran dalam proses pembelajaran oleh guru serta metode pembelajaran yang tersifat teacher center yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media Topwan efektif terhadap hasil belajar siswa pelajaran IPA materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya kelas IV SDN Tlogosari Wetan 01 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV B SDN Tlogosari Wetan 01 Semarang. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas IV B dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat berdasarkan hasil pretest dan posttest yang sudah dilakukan. Rata-rata pretest yang diperoleh siswa sebesar 63,46 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 36. Sedangkan nilai rata-rata posttest yang diperoleh sebesar 82,04 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 70. Hal tersebut telah dibuktikan dalam pengujian hipotesis, yang menyatakan bahwa nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (4,109> 2,00) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Perhitungan tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan media TOPWAN dalam kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Persentase hasil belajar siswa menunjukkan jumlah siswa yang mencapai KKM pada hasil pretest yang diperoleh sebesar 4,64% atau sejumlah 13 siswa dari 28 siswa. Hasil Posttest jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 100%atau sejumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Topwan efektif terhadap hasil belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan adalah supaya media Topwan dapat digunakan guru sebagai salah satu media pembelajaran dalam mengajar.

Full Text: PDF