Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA SD MELALUI APRESIASI KARYA SENI RUPA
Nur Novianti

Last modified: 2018-03-20

Abstract


Sekolah Dasar (SD) sebagai institusi pendidikan yang menyiapkan lulusannya sebagai input untuk jenjang pendidikan selanjutnya tidak hanya menyiapkan kemampuan keilmuan (hard skill) yang memadai saja, tetapi juga diharuskan mempunyai kemampuan kepribadian (soft skill) yang mumpuni. Salah satu soft skill yang perlu dikembangkan adalah kemampuan berpikir analisis siswa. Pada pembelajaran seni rupa di SD siswa hanya belajar membuat karya yang bagus akan tetapi belum mampu untuk mengapresiasi sebuah karya. Artikel ini mengkaji pengembangan kemampuan berpikir analisis siswa SD melalui apresiasi karya seni rupa. Artikel ini berupa kajian pustaka melalui berbagai referensi yang berkaitan. Apresiasi karya seni rupa pada siswa SD diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berpikir analisis siswa. Melalui apresiasi karya seni rupa siswa dapat menganalisis suatu karya seni rupa yang dilihatnya berdasarkan data dan argumen yang tepat. Kemampuan berpikir analisis diperlukan sebab siswa diharapkan mampu berpikir analisis untuk menyelesaikan permasalahan yang ada baik dalam dirinya, lingkungan sekitar, dan khususnya lingkungan sekolah

Full Text: PDF