Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODEL COOPERATIVE TYPE GAME UNDIAN BERNOMOR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
Muhammad Masluri, Ikha Listyarini

Last modified: 2018-03-20

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaraan cooperative type game undian bernomor pada pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN03 Kayen, MI Khoiriyah Kayen, dan SDN01 Jimbaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Produk pengembangan model ini berupa buku panduan yang tersusun atas lima bab. Berdasarkan hasil validasi  dari tiga ahli model dan ahli materi produk pengembangan dinyatakan layak digunakan. Hasil validasi tiga  ahli model dan ahli materi menunjukkan persentase sebesar 93% dan 86% dengan kualifikasi baik sekali. Hasil angket keberterimaan peserta didik sebesar 87% dan keberterimaan guru sebesar 92%.   Pengembangan model cooperative type game undian bernomor dapat menciptakan kegiatan belajar yang efektif. Penerapan model ini dapat meningkatkan motivasi belajar, rasa percaya diri, sikap bertanggung jawab, kemandirian, dan keterampilan berkomunikasi bagi peserta didik.

Full Text: PDF