Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK INTENSIF
Ririn Prastyani, Moh. Aniq Kh.B

Last modified: 2018-03-20

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran word square pada mata pelajaran bahasa indonesia terhadap keterampilan menyimak intensif siswa kelas V SDN Kalicari 02 Semarang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 pertemuan, dimana setiap pertemuan selama 45 menit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama yaitu uji normalitas awal, tahap kedua yaitu uji normalitas akhir, dan tahap ketiga yaitu uji hipotesis (uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Word Square berpengaruh terhadap keterampilan menyimak intensif pada siswa kelas V SD Negeri Kalicari 02 Semarang.

Full Text: PDF