Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
SENI KERAKYATAN DALAM PROSES PENGALAMAN ESTETIK SISWA
Prasena Arisyanto

Last modified: 2018-03-19

Abstract


Pada umumnya pembelajaran tari di sekolah menggunakan tari klasik maupun tari kreasi sebagai media pembelajaran. Tari kerakyatan dapat dikatakan sangat jarang ditampilkan di sekolah. Ditambah dengan berkurangnya minat masyarakat membuat seni kerakyatan dalam kondisi yang memprihatinkan. Seni kerakyatan dapat digunakan sebagai pembelajaran apresiasi dan kreasi seni tari di sekolah. Tujuannya selain sebagai usaha pelestarian dan pengembangan, juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dalam proses pengalaman estetik siswa. Hal ini sesuai dengan fungsi pendidikan seni yaitu sebagai pengembangan potensi peserta didik, pelestarian, dan pengembangan seni melalui kegiatan apresiatif dan kreatif.

Full Text: PDF