Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
MENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR DAN KETERAMPILAN MENYANYIKAN LAGU WAJIB MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL
Indra Gunawan

Last modified: 2018-03-19

Abstract


Permasalahan yang terjadi di SD Negeri 2 Cilongok adalah rendahnya rasa cinta tanah air siswa dan keterampilan menyanyikan lagu wajib siswa dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Akibat dampak buruk yang ditimbulkan semaraknya lagu-lagu zaman sekarang yang tersebar di masyarakat. Mengakibatkan  tidak  terampilnya siswa untuk menyanyikan lagu-lagu wajib. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyak siswa tidak hafal lirik lagu-lagu wajib nasional yang berisi tentang kecintaan pada tanah air. Demi tercapainya pendidikan yang berkualitas sebagai pendidik harus dapat mananamkan rasa cinta tanah air pada siswa melalui menyanyi, menjadi hal yang sangat mendesak untuk dilaksanakan di lingkungan pendidikan saat ini. Rasa cinta tanah air generasi bangsa sekarang yang hampir terkikis oleh peradaban perlu dipupuk lagi. Sesuai dengan dunianya dan dengan suasana yang menyenangkan sehingga anak-anak bangsa akan dapat mewarisi rasa cinta tanah air sebagai pengembangan dan penguatan pembentukan karakter bangsa.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air siswa dan keterampilan menyanyikan lagu wajib siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) dengan materi menyanyikan lagu wajib menggunakan model Direct Instruction berbantuan media audiovisual. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 2 Cilongok yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil dalam penelitian ini adalah pembelajaran menyanyikan lagu wajib pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) menggunakan model Direct Instruction berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan rasa cinta tanah air siswa dan keterampilan menyanyikan lagu wajib siswa karenapenggunaan media audiovisual dalam pembelajaran seni musik melibatkan indera ganda yaitu pandang dan dengar.

Full Text: PDF